Jakarta - Toleransi antar umat beragama sangat penting dalam kehidupan. Seorang pria nonmulsim ini, misalnya, sampai rela tunggu magrib tiba saat hendak makan di restoran.

Malaysia merupakan salah satu negara dengan penduduk Muslim terbanyak di dunia. Karenanya menjalani Ramadhan di sana tidaklah sulit. Sampai-sampai beberapa nonmuslim di Malaysia terbiasa dengan berbagai 'aturan' ketika Ramadhan.

Dikutip dari World of Buzz (30/5), salah satu nonmuslim tersebut terlihat di sebuah restoran. Unggahan netizen bernama Mohd Fuzaimie di Facebook menceritakan pengunjung nonmuslim berdarah China datang bersama seorang wanita.

Wujud Toleransi, Nonmuslim Ini Tunggu Magrib Tiba Saat Santap di RestoranFoto: Istimewa

Alih-alih langsung makan pesanannya, dua nonmuslim ini memilih tunggu magrib tiba. Fuzaimie menambahkan, pria itu sempat bertanya apakah Muslim sudah bisa makan pada pukul 7 malam.

Baca Juga: Diberi Makan Gratis, Wanita Ini Bersihkan Restoran Sebagai Rasa Terima Kasih 

"Kami (Muslim) baru bisa makan pukul 7.10 tapi untuk uncle (sapaan akrab di Malaysia), Anda bebas makan sekarang. Uncle lalu mengatakan 'Tak apa-apa, saya bisa menunggu, kita makan bersama,'" cerita Fuzaimie.

Meski Fuzaimie telah berusaha meyakinkan uncle tersebut untuk makan saja, ia tetap ingin menunggu. Akhirnya 15 menit berlalu ketika Muslim bisa berbuka puasa, uncle itu baru memakan pesanannya.

"Terima kasih sudah menghargai kami para Muslim dan warga Malaysia," tambah Fuzaimie di unggahannya.

Berkat cerita ini, banyak netizen memberi respons positif pada sang uncle. Mereka menganggap sikap sang uncle begitu bijaksana dan penuh perhatian.

Wujud Toleransi, Nonmuslim Ini Tunggu Magrib Tiba Saat Santap di RestoranFoto: Istimewa

Kisah serupa antara nonmuslim dan muslim yang berpuasa di Malaysia juga pernah terjadi di sebuah kapal. Kala perjalanan kapal belum selesai, nonmuslim membagikan makanan untuk buka puasa pada penumpang muslim.

Ada yang berbagi cokelat sambil mengatakan para muslim harus makan karena telah berpuasa, dan ada pula yang memberikan KFC. Wah, mulia banget ya!


Sumber : https://food.detik.com/info-kuliner/d-4571070/wujud-toleransi-nonmuslim-ini-tunggu-magrib-tiba-saat-santap-di-restoran?_ga=2.188910434.856335246.1559217692-878951272.1556182497